Friday, May 20, 2016

,

Membuat Program Perhitungan Sederhana dengan Java NetBeans 8.1

Halo teman-teman, sesuai judul di atas, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi perhitungan sederhana menggunakan Java NetBeans, sebelum kita mulai tolong pastikan bahwa di PC/Laptop Anda telah terinstall aplikasi Netbenas. saya menggunakan NetBenas versi 8.1.

Bagi yang belum memiliki NetBenas, silakan download disini : https://netbeans.org/downloads/, oh yah...jangan lupa sebelum menginstall NetBenas, Anda harus terlebih dahulu menginstall silakan download disini http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk8-downloads-2133151.html


Biar tidak panjang lebar, cara install JDK dan NetBenas, silakan tanya ke mbah google, oke..saya anggap di PC Anda NetBeans telah terinstall. sekarang  silakan jalankan NetBenas, akan muncul tampilan awal seperti gambar dibawah ini

Tampilan NetBeans 8.1

Untuk membuat file Netbenas klik File>New Project akan muncul seperti pada gambar dibawah ini, pilih Java>Java Aplikcation kemudian klik Next

Membuat Project Baru

Pada Project Name, silakan masukan nama Project yang diinginkan, pada contoh gambar dibawah, saya project saya berinama Program_Hitung, setelah project name diisi, silakan pilih Finish


Membuat nama project

Langkah selanjutnya, klik kanan pada nama project yang baru dibuat, pilih New > JFrame Form
silakan perhatikan contoh pada gambar dibawah ini.

Membuat Frame Form.


Selanjutnya, pada class name, masukan nama class. kemudian klik Finish

Membuat nama Class

Setelah itu akang muncul frame, sebuah lembar kosong, yang akan kita rubah menjadi tampilan aplkasi yang akan kita buat.

Frame form

Silakan buat desain frame diatas menjadi s eperti tampilan program hitung pada gambar dibawah ini :

Desain program hitung seherhana

Desain diatas terdiri dari 4 Label, 3 Button dan 3 Text Field.

Pada bagian properties>code silakan ganti variable name berikut ini :
jTextField1 ganti dengan jnilai1
jTextField2 ganti dengan jnilai2
jTextField3 ganti dengan jhasil
jButton1 ganti dengan hitung
jButton2 ganti dengan kosongkan
jButton1 ganti dengan keluar

Setelah desain interfacenya selesai, sekarang kita akan membuat codingnya.

Klik 2x pada tombol HITUNG, dan masukan coding dibawah ini


Setelah selesai mengisi codding diatas, silakan kembali ke tampilan design dan klik 2x tombol KOSONGKAN

Silakan ketik codding dibawah ini :


Kembali lagi ke tampilan design, dan klik 2x tombol KELUAR, ketik codding dibawah ini :



Sekarang semua field dan button telah terhubung, dan pembuatan aplikasi selesai, untuk menguji apakah aplikasi yang dibuat berjalan, silakan telakan F6 atau shiff + F6.

Aplkasi anda akan muncul seperti gambar dibawah ini

Tampilan Apkasi Hitung Sederhana

Sekarang silakan coba, apakah programnya bisa menghitung atau tidak, silakan masukan nilai 1 dan nilai 2 kemudian klik tombol HITUNG.

Jika aplikasinya berjalan dengan baik, hasil perhitungannya seperti pada gambar dibawah.


Hasil ujicoba aplikasi

Jangan lupa coba juga tombol KOSONGKAN dan KELUAR.


Manado, 20 Mei 2016

Deyidi Mokoginta

Semoga bermanfaat
Selamat belajar






Share:

6 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Permisi, numpang share yah...

    Bagi teman-teman yang memiliki usaha toko kecil-kecilan, boleh coba menggunakan software pertokoan "MiniMart".

    Software ini gratis sepenuhnya dan bersifat open-source, teman-teman dapat menggunakan software ini utk usaha tokonya ataupun utk belajar koding & pemrograman.

    Bagi teman-teman yang berminat, silahkan download software-nya di sini :
    https://helloyud.blogspot.com/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

    Silahkan juga membagikan / mem-posting ulang software ini di blog ataupun akun-akun media sosial yang teman-teman miliki, siapa tahu bisa bermanfaat bagi banyak orang.

    ReplyDelete